Tags

, , ,

Dalam berbagai penelitian dan percobaan, seringkali binatang dijadikan sebagai subyek percobaan, contohnya tikus lab. Para tikus lab yang berada di Universitas Waseda di Jepang akan memiliki teman baru, tetapi bukan teman yang menyenangkan karena mereka akan secara terus menerus menerima gangguan dari para robot tikus.

mouse

Tugas dari para robot tikus yang diberikan nama WR-3 ini adalah untuk mengganggu tikus-tikus asli untuk mendapatkan kondisi depresi dan stres. Kondisi-kondisi ini nantinya akan digunakan untuk meneliti obat-obatan baru, kemungkinan obat anti-depresan. Percobaan dari peneliti Hiroyuki Ishii dan tim nya meliputi dua grup tikus dimana grup pertama mendapatkan gangguan secara terus menerus dari WR-3, sementara grup kedua mendapatkan gangguan hanya jika mereka bergerak.

Hasilnya? Menurut mereka, tingkat depresi paling tinggi terdapat pada gangguan sekali-sekali pada tikus yang dimasa kecilnya diganggu secara terus-menerus. Meskipun demikian, para peneliti ini bermasksud untuk mencari cara lain, seperti memaksa para tikus untuk berenang lama-lama. Menurut mereka, cara ini juga bisa meningkatkan stres dan depresi pada para tikus.

Sumber: Gizmodo