Tags

, , , ,

Mungkin terdengar agak skeptis pada awalnya, tetapi seorang bayi sepertinya telah berhasil disembuhkan dari penyakit HIV. Bayi tersebut sebelumnya telah terbukti HIV positif pada lima tes terpisah dan sekarang setelah berumur 2.5 tahun, tidak ditemukan virus HIV di tubuh bayi tersebut bahkan setelah setahun tanpa obat-obatan.

pills

Bayi tersebut langsung diberikan pengobatan 30 jam setelah kelahiran oleh seorang wanita yang dipastikan HIV positif juga. Sepertinya pengobatan yang agresif ini memberikan kontribusi besar karena berhasil melemahkan virus HIV sebelum virus tersebut melemahkan badan sang bayi.

Tentunya masih banyak ahli yang belum merasa puas dengan penemuan ini, dan bahkan ada beberapa keraguan apakah bayi tersebut memang terkena HIV positif sejak lahir. Meskipun demikian, penelitian berlanjut terus dan para dokter berharap jika pengobatan agresif ini bisa diterapkan pada bayi-bayi yang terkena HIV positif lainnya, mungkin selanjutnya mereka akan bisa mengobati anak-anak yang terkena HIV, dan pada akhirnya pada siapa saja.

Bukan berita terbaik, tetapi setidaknya ilmu kedokteran menjadi selangkah lebih maju.

Sumber : New York Times